Wednesday, October 10, 2012

Bertahan Hidup dengan Bisnis Jual Beli Buah Pinang

Biji pinang yang dikumpulkan oleh petani di Jambi dan sekitarnya, akan dikirim ke India dan Pakistan, oleh eksportir. Dua negara Asia itu adalah konsumen terbesar buah pinang asal Jambi, khususnya, selain Cina.
Setelah mengumpulkan dan menjemput biji-biji pinang dari warga, lalu membelah, mengupas, dan menjemurnya, Juit lantas membawa hasil bumi itu kepada pengumpul agak besar, di kawasan Payoselincah.
Transaksi buah pinang dengan pengumpul agak besar itu dapat dilakukan tiap hari, tergantung ketersediaan barang petani dan pengumpul. Sebab pengumpul besar selalu menampung berapapun stok pinang yang dibawa petani maupun pengumpul kecil.
Dikatakan, masa penjemuran yang ideal untuk mendapatkan biji pinang dengan kualitas standar adalah lima hari, jika cuaca normal.
Namun jika hari mendung dan berhujan, maka masa jemur akan sedikit lebih lama, kadang bahkan kualitas pinang bisa jelek.
Pinang-pinang yang terkumpul itu akan dijual kembali kepada eksportir. Eksportir akan mensortir pinang-pinang tersebut sesuai dengan kualitas barang yang diinginkan.
Sejauh ini, Jambi termasuk salah satu eksportir pinang terbesar di Pulau Sumatra. Sehingga, banyak juga petani dan pengumpul dari wilayah lain, seperti Sumatra Barat, Riau dan lainya yang membawa hasil bumi mereka ke Jambi.
Dan, dari hasil jual pinang kering itulah, Juit, menghidupi keluarganya sehari-hari. Termasuk membiayai sekolah anak-anaknya.
Harga buah pinang sejauh ini selalu stabil, berkisar di angka Rp 4.700 hingga Rp 5.100/kilogram di tingkat pengumpul.
Buah pinang asal Jambi biasanya diekspor ke India dan Pakistan sebagai bahan makanan, dan sebagiannya yang muda di ekspor ke Cina sebagai obat-obatan.
Namun harga pinang juga sama dengan harga barang-barang lain yang cenderung fluktuatif, turun naik, tergantung pasaran, dan produksi.
Diakui Juit, bagaimanapun ia tetap memperoleh keuntungan yang memadai. Sebab, ia tidak memerlukan ongkos besar dan biaya lainnya untuk menjual buah itu.
“Saat mengambil dari warga, harga akan saya sesuaikan dengan pasaran, dan menawarnya sedikit rendah dari yang diminta warga,” katanya.
Selain itu, ia juga tak perlu mengeluarkan ongkos transportasi, sebab ia selalu menggunakan sepeda untuk membeli dan menjual biji-biji itu. Bahkan pengumpul besar biasanya menjemput sendiri ke rumahnya.
Dari hasil jual beli buah pinang itu, ia mampu menyekolahkan anak-anaknya yang masih duduk di bangku SMP, dan memberi uang belanja kepada istri tercinta setiap harinya.
“Meski hanya mengumpulkan hasil bumi dengan pendapatan pas-pasan, namun saya bangga dengan kerjaan saya ini, sebab uang yang dihasilkan halal, dan berkah. Daripada punya penghasilan besar tapi tidak halal,” ujar pria tak tamat sekolah dasar ini.
Walau sudah berjalan hampir 15 tahun, tapi ia merasa masih betah, dan kuat berusaha menjual biji-biji pinang itu. Sebab ia merasa, anak-anak masih butuh bantuannya dan tenaganya, terutama untuk membiayai sekolah mereka.
“Mungkin suatu hari nanti, setelah anak-anak saya sudah besar-besar, tamat sekolah dan sudah punya kerja sendiri, saya akan pensiun dari kerja. Saya ingin kerja yang lebih santai saja. Walaupun kerjaan saya ini termasuk santai,” katanya.

4 comments:

  1. Dijual Biji Pinang yang sudah dibelah kondisi tua kadar air 10% dengan harga Rp.10.000/kg
    Stock yang ada 10 - 20 ton per bulan
    yang berminat hubungi kami
    Email : irawan.sulistio@yahoo.co.I'd
    Hp. : 082392006677 pak sulistio
    : 081361006010 pak mantol

    Cara pembayaran yang disyaratkan : Bayar di gudang kami barang langsung dibawa

    Alamat : RIAU (pekanbaru)

    ReplyDelete
  2. PINANG SUPER

    Kami menyediakan pinang antara 10 ton s/d 15 ton per minggu.
    Kami memproduksi pinang dengan kualitas tinggi dan terbaik.
    Semua pinang yang kami produksi adalah hasil pengolahan sendiri agar kadar air tetap terjaga dan terjamin.

    Bagi anda yang membutuhkan dan berminat Silahkan hubungi kami:

    HP. 0812 6973 544
    BBM. 2AD17C31

    ReplyDelete
  3. Kami menjual pinang berkulit,satu minggu 15/20 ton,harga nego,hp pak Nuar:081262389759 sumut,

    ReplyDelete
  4. Kami menjual pinang basah kering dengan stok 1ton/bulan dengan harga basah 5000 kering 25000...jika berminat hubungi 085247704718

    ReplyDelete