Thursday, October 11, 2012

Sawang, sentral pinang di Aceh Utara, dengan petani 18.293 orang

Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, merupakan kawasan sentral perkebunan pinang, karena komoditas tersebut kini menjadi salah satu mata pencaharian pokok warga setempat.
Kasi Perlindungan Tanaman pada Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Aceh Utara Sayed Ahmad di Lhokseumawe, Kamis mengatakan, perkebunan pinang di kecamatan itu sudah dijalani warga selama bertahun-tahun dan menjadikan salah satu komoditas  unggulan.
Disebutkan, buah pinang di kawasan itu memiliki kualitas terbaik bila dibandingkan dengan daerah lain di Aceh Utara, baik dari segi getahnya maupun buahnya.
Hal itu dukung oleh kesuaian lahan dan kondisi geografis daerah terhadap tanaman pinang, jelas Sayed.
Lebih lanjut dikatakannya, selain Kecamatan Sawang sebagai sentra perkebunan pinang, juga daerah lain yang masih membudidayakan tanaman pinang, yakni Kecamatan Nisam.
Sementara itu, data Dinas Perkebunan dan Kehutanan Aceh Utara mencatat luas areal perkebunan pinang di Aceh Utara 12.267 hektare, dengan jumlah petani mencapai 18.293 orang.
Tiap hektarenya mampu memproduksi sekitar 635 kilogram biji pinang kering. Komoditas ekspor tersebut lebih dominan dikirim ke India dan Pakistan yang digunakan sebagai bahan baku obat-obatan dan pewarna kain.
Seperti dikatakan Sayed, meski harga komoditas pinang mengikuti trend pasar luar negeri. Namun jumlah masyarakat yang membudidayakan pinang di Aceh Utara sangat minim dan terbatas pada kawasan tertentu.
Hal itu terlihat dari tidak adanya pengembangan perkebunan pinang dan juga permohonan  masyarakat terhadap tanaman tersebut kepada pihaknya.
Selain itu, program pengembangan tanaman perkebunan terhadap tanaman pinang juga tidak ada.
Namun untuk jenis tanaman perkebunan yang sedang membuat petani di Aceh Utara bergairah saat ini adalah kakao, kelapa sawit dan karet, katanya.

5 comments:

  1. Dijual Biji Pinang yang sudah dibelah kondisi tua kadar air 10% dengan harga Rp.10.000/kg nego
    Stock yang ada 10 - 20 ton per bulan
    yang berminat hubungi kami
    Email : irawan.sulistio@yahoo.co.Id
    Hp. : 082392006677 pak sulistio
    : 081361006010 pak mantol

    Cara pembayaran yang disyaratkan : Bayar di gudang kami barang langsung dibawa
    Atau kami antar ke gudang anda daerah yg sanggup kami antar di pekanbaru,jambi,padang,medan barang ditimbang dan langsung bayar.

    Alamat : RIAU (pekanbaru)

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. mohon izin admin Kami CV. AGROFORESTRI SEJAHTERA INDONESIA bergerak dibidang Pembibitan Pinang dan Gaharu, Menjual bibit Pinang Jenis Pinang Betara Unggul dalam bentuk kecambah dan siap tanam, kami juga membutuhkan biji pinang kering. hubungi Kami 085355498758 kunjungi fanspage kami https://www.facebook.com/Bibitpinangunggul.co.id/?ref=hl bbm 5442C3BA
    atau blog saya http://gaharu84.blogspot.co.id/

    ReplyDelete